Lifestyle

5 Tanda-Tanda Mau Melahirkan yang Paling Umum Terjadi

Tanda-Tanda Mau Melahirkan yang Paling Umum Terjadi

Mengetahui tanda-tanda mau melahirkan mestilah menjadi fokus bagi wanita yang sedang mengalami proses kehamilan. Soalnya dengan mengetahui berbagai tanda-tanda ini maka akan membuat Anda menjadi lebih waspada dan mawas diri. Untuk itulah, 5 tanda paling umum dari wanita yang akan melahirkan ini wajib untuk diketahui seperti berikut.

  1. Terasa Nyeri di Selangkangan

Tanda paling umum yang bakal terjadi adalah rasa nyeri yang akan terkumpul di bagian selangkangan. Penyebabnya tidak lain adalah bayi di dalam rahim yang mulai menunjukan keinginan untuk keluar. Hal ini terjadi karena janin yang telah turun memberikan dorongan lebih pada bagian tersebut.

Selain itu, tekanan tersebut juga yang memberikan pengaruh pada bagian kandung kemih. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat si ibu akan menjadi sering buang air kecil, buang air besar, buang angin hingga merasakan mulas yang hebat. Kombinasi yang pastinya membuat si ibu membutuhkan pendamping untuk bisa memberikan bantuan apabila dibutuhkan.

  1. Sakit pada Panggul

Bukan hanya akan turun ke bawah, bayi yang akan dilahirkan juga akan menekan tulang belakang karena pergeserannya. Pergeseran bayi yang ingin keluar itu yang kemudian akan memberikan rasa sakit pada panggul. Biasanya rasa sakit ini akan terasa cukup lama dan juga akan dibarengi dengan perasaan mual  dan mulas yang cukup hebat.

  1. Keluarnya Lendir Bercampur Darah

Ketika seorang wanita sedang hamil akan melahirkan, janin akan tertahan dalam rahim oleh gumpalan lendir yang melekat. Gumpalan lendir tersebutlah yang menjaga keamanan bayi tersebut selama berada di dalam rahim. Ketika lendir bercampur darah keluar yanh berasal dari gumpalan lendir tersebut, itu artinya tanda-tanda mau melahirkan sudah terjadi.

Jadi apabila proses persalinan sudah dekat maka lendir tersebut sudah tidak lagi menempel pada bagian rahim si ibu. Lendir tersebut akan otomatis keluar karena bayi mulai bergerak ke bawah dan memberikan dorongan pada rahim ibu. Meski begitu, ibu tidak terlalu khawatir apabila lendir yang bercampur darah tersebut keluar karena tergolong masih normal.

  1. Mengalami Kontraksi

Bisa dibilang, mengalami kontraksi adalah tanda paling umum yang dirasakan oleh ibu hamil yang akan melahirkan. Kontraksi ini sendiri akan menimbulkan rasa sakit pada area pinggang hingga perut dari ibu hamil tersebut. Jadi sangat membutuhkan pendamping apabila kontraksi ini sudah mulai terasa.

  1. Pecahnya Air Ketuban

Tanda umum yang terakhir adalah pecahnya air ketuban pada ibu hamil. Kondisi ini bisa terjadi karena bayi yang ada di dalam rahim sudah mulai melakukan pergerakan untuk bisa keluar. Pergerakan tersebut yang kemudian mengenai mulut serviks pada ibu dan akhirnya menimbulkan pecahnya ketuban.

Dengan mengetahui tanda-tanda mau melahirkan secara umum seperti yang dijelaskan di atas maka mestinya membuat Anda lebih mawas diri. Selain itu, informasi tersebut juga berguna agar Anda mempersiapkan segala sesuatu apabila nantinya tanda-tanda kelahiran sudah mulai muncul.