Kesehatan

Cara Mencegah Pilek Saat Hamil Dengan Cara Sederhana

Tips kecil untuk wanita hamil di bawah ini bermanfaat untuk mencegah pilek saat hamil! Sistem kekebalan tubuh ibu hamil selalu lebih buruk daripada orang biasa, ketika hamil ibu, juga akan rentan terhadap penyakit pernapasan seperti pilek atau flu. Berikut beberapa cara Anda dapat membantu ibu Anda meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah pilek:

Cara mencegah pilek saat hamil dengan cara sederhana

  1. Gula merah, jus jahe dan tidur yang sempurna

Ketika ibu Anda merasa kedinginan, minumlah semangkuk air hangat dengan gula cokelat atau jahe, lalu tidur untuk beristirahat atau bersantai.

Jika Anda makan bawang putih mentah, jangan ragu untuk menyesap beberapa siung bawang putih. Karena bawang putih adalah bumbu yang membantu mencegah masuk angin.

Ada juga kapsul yang diekstraksi dari bawang putih mentah, jika tidak makan bawang putih segar, ibu benar-benar dapat menggunakan bawang putih dengan cara ini. Tidak hanya mencegah pilek, bawang putih juga menghambat bakteri usus berbahaya.

  1. Seng – Perlindungan penyakit pernapasan selama hamil

Ketika tubuh kekurangan seng, penghalang pelindung saluran pernapasan akan berkurang. Oleh karena itu, wanita perlu makan lebih banyak makanan kaya seng daripada orang normal. Anda dapat memilih dari makanan yang kaya seng seperti makanan laut, daging tanpa lemak, kacang tanah, biji bunga matahari, atau kacang polong.

  1. Suplementasi vitamin C.

Vitamin C membantu meningkatkan pertahanan pernafasan serta secara signifikan meningkatkan kekebalan terhadap tubuh. Dokter menyarankan wanita hamil untuk makan lebih banyak makanan yang kaya vitamin C (atau suplemen vitamin C) seperti tomat, kembang kol, paprika hijau, buah jeruk, stroberi, kiwi, semangka dan anggur.

Vitamin C sangat mudah kehilangan jumlah waktu yang signifikan selama memasak, jadi ketika memasak itu harus dicatat untuk menjaga kandungan vitamin maksimum.

  1. Bilas mulut Anda dengan air garam

Setiap pagi setelah menyikat selesai, wanita hamil harus berkumur dengan satu mulut penuh air garam dan minum setengah cangkir air hangat.

Tindakan ini tidak hanya mencegah masuk angin, merangsang motilitas usus tetapi juga baik untuk kesehatan gusi. Karena wanita hamil rentan terhadap gingivitis dan perdarahan saluran akar.

  1. Jangan lupa minum air matang

Minum banyak air bagus untuk mencegah pilek dan sakit tenggorokan. Setiap hari, Anda harus memastikan untuk memberi tubuh 600 – 800 ml air matang setiap hari.

  1. Ventilasi tidak dapat menggantikan jendela

Udara segar harus tersebar di dalam ruang hidup Anda. Kebanyakan orang membuka jendela mereka di pagi hari untuk ventilasi, dan setelah sehari menutup pintu dan jendela.

Ini tidak baik karena setidaknya setelah tidur siang dan sebelum tidur, kamar Anda membutuhkan ventilasi untuk ventilasi. Keluarga yang menggunakan AC 24 jam seharusnya tidak sepenuhnya bergantung pada sistem ventilasi, yang kadang harus terbuka untuk menjaga udara di rumah.

Selain itu, sebelum matahari muncul, jangan buka jendela, karena udara luar ruangan memiliki konsentrasi karbon dioksida yang tinggi, tidak baik untuk ibu hamil. Jika indeks polusi udara di daerah tersebut tinggi, maka Anda dapat menggunakan sistem pendingin udara untuk ventilasi.

  1. Pertahankan rutinitas latihan yang sehat selama kehamilan

Latihan adalah cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, dan wanita hamil dengan banyak perubahan fisik juga mencoba untuk mempertahankan olahraga yang tepat selama kehamilan.